Archive for 2010/10/30

Sampai detik ini saya masih hidup, masih sehat, aman dari segala bencana, disayang sama keluarga terutama suami, punya anak umur 14 bulan yang menggemaskan, punya calon bayi 8 bulan yang insyaAllah segera lahir, masih bisa melanjutkan studi dengan gratis, masih bisa tidur dengan nyenyak, masih bisa mengakses internet dengan kecepatan tinggi, masih bisa beribadah dengan tenang, masih banyak nikmat-nikmat lain yang saya rasakan yang kalo saya tulis detail satu persatu maka tidak akan sanggup nulisnya. Alhamdulillah. Saya harus selalu bersyukur dan memperbaharui rasa syukur saya. Kadang saya sering lupa bersyukur hanya karena hal-hal sepele. Tidak ada uanglah, hanya makan dengan telur lah, ditagihin utang terus lah, hahaha….emang sih ujung-ujungnya masalah uang. Tapi saya insyaAllah masih ada asa, karena ada janji yang tertulis bahwa kepastian uang akan masuk ke rekening saya, walau saya tidak tahu kapan kepastiannya. Sehingga pada hakikatnya semua masalah sepele tadi adalah hanya masalah menunggu waktu. Membaca surat Ibrahim ayat 34 saya jadi tersentak, gimana enggak coba, saya yang sudah diberi nikmat yang sangat banyak, dikabulkan banyak doa dari deretan-deretan doa saya sehingga sebenarnya kalo mau disebut nikmat Allah sampai mulut saya berbusa-busa pun, belum selesai deh nyebutnya.

Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).

(Ibrahim:34)

Malu saya kalo harus bersedih dan tidak bersyukur hanya karena hal sepele tadi. Di indonesia, saudara-saudara saya sedang dalam kondisi kritis menghadapi akibat pasca gempa dan tsunami, was-was dengan keadaan gunung yang entah kapan memuntahkan isinya, dan tidak bisa tidur nyaman karena banjir melanda. Ya Allah, hamba mohon ampun bila terbersit dalam diri hamba rasa tidak bersyukur.

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.

(Ibrahim ayat 7)

Ya Allah, Astagfirullah alazim, ingat lo “azab sangat pedih”. Tidak main-main akibat yang ditimbulkan bila sampai kita tidak bersyukur. Bukankah dalam hadist Rasullullah pernah berucap:

Dari Suhaib r.a., bahwa Rasulullah saw. bersabda, ‘Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian tidak akan terdapat kecuali pada orang mukmin; yaitu jika ia mendapatkan kabahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebuat merupakan yang terbaik untuknya. Dan jia ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya. (HR. Muslim)

Alhamdulillahirabbi’alamin…Alhamdulillahirabbi’alamin…Alhamdulillahirabbi’alamin…

Harus setiap saat bersyukur, karena syukur adalah bagian dari tauhid dan bersyukur itu menyehatkan.

Lo kok menyehatkan? Coba aja deh diingat-ingat, kalo kita berkeluh kesah, hati jadi ga enak dan sedih, dunia jadi serasa hitam putih dan tidak berwarna…..otak pun tidak bisa bekerja maksimal. Sebaliknya, kalo kita bersyukur, hati jadi bahagia, dunia terasa indah, menjadi optimis menggapai cita-cita…dan hidup terasa jadi ringan.

Bismillah..semoga bisa terus beryukur, dan dikarunia keluarga dan anak keturunan yang pandai bersyukur…amiin.

-ummu fatih-

nb: eh pas searching internet ternyata dapat link ini tentang penelitian manfaat bersyukur….wah….^^

http://sabarsyukur.blogspot.com/2009/04/temuan-ilmiah-modern-syukur-menambah.html

Saya dah rajin masak kok sekarang, apalagi ditengah krisis moneter alias beasiswa yang tak kunjung turun. Andalan masakan saya adalah balado-baladoan, entah telur balado, teri balado, tahu balado, kentang balado, dll dan sayur bening. Tapi ingin lebih pinter lagi kalo masak sehingga tidak membosankan. Kreatif dan inovatif!

Terinspirasi banget ketika jiddah tinggal beberapa bulan di Taiwan. Acungan jempol deh buat jiddah yang kreatif. Kreatif yang saya maksud disini adalah membuat makanan dari bahan-bahan sederhana (sehingga irit uang) namun kalo soal rasa, cocoklah dilidah kita-kita alias enak. Sejak jiddah ga ada, saya sering mempraktekkan beberapa ilmu yang diturunkan jiddah. Benar-benar amazing rasanya karena pengeluaran untuk beli makanan menurun drastis. Soalnya saya kadang suka jajan (ex: beli cemilan kue, ato beli susu kacang kedelai dll). Contoh beberapa resep yang diturunkan jiddah adalah bikin bolu kukus, kue putu ayu (tapi tanpa kelapa parut, karena susah dapetnya disini), susu kacang kedelai, bubur sum-sum, dadar gulung, dan empek-empek.

Sejak Fatih udah bisa makan seperti orang dewasa, saya jadi semangat untuk belajar masak. Maunya sih, Fatih bisa makan-makanan enak dan bergizi, dan tentu saja halal, plus pengeluaran uang bisa dikontrol. Bakal agak repot sih, tapi bukankah dalam masakan itu ada cinta.

Jadi kalo udah keluar beasiswa, ingin deh rasanya bikin menu makanan yang bervariasi (walau bahannya itu-itu aja, dengan alasan ngirit). Karena saya orangnya suka lupaan dan ga pede tanpa melihat resep, dan setiap kali masak selalu ngandalin om google, akhirnya acara masak-masak harus tersita waktu sedikit untuk mempelajari ulang resep masakan. Sepertinya blog ini bisa digunakan untuk merangkum semua resep makanan yang mau dipraktikkan.

RESEP DONAT

bahan

11 gram  ragi instant

500 gram tepung terigu

4 sdm gula pasir

1 sdt garam halus

1 sdm margarin

1 butir telur

2 sdm susu bubuk

200 ml air

Cara membuat:

1. Campur semua bahan (kecuali air) sampai menyatu, tambahkan sedikit demi sedikit air, tutup dengan kain, biarkan mengembang kira-kira 30 menit- 1 jam

2. Cetak donat

3. Goreng sampai kekuningan, dan setelah dingin, hias sesuai keinginan

RESEP EMPEK-EMPEK PALEMBANG

Bahan:

Ikan yang telah dihaluskan (bisa ikan teri)

Tepung tapioka

1 butir telur

garam

air

bahan kuah:

5 siung bawang putih

cabe

gula merah

1 sdm asam jawa

garam

Cara membuat:

1. Campurkan telur ke dalam ikan yang telah dihaluskan, campurkan tepung tapioka sedikit demi sedikit, sebelum tepung habis tambahkan air sedikit demi sedikit. Aduk sampai tidak lengket.

2. Bentuk adonan sesuai selera, rebus sampai mengapung.

3. Dinginkan, dan goreng ketika hendak dimakan

4. Untuk kuah, rebus gula merah+asam jawa, kemudian masukkan bumbu halus

RESEP BOLU KUKUS

bahan:

3 butir telur

1 gelas gula pasir

1/2 sdt garam

1/2 sdt soda kue

1 1/2 gelas tepung terigu

1/2 gelas minyak

1/2 gelas air

essen pandan

cara membuat:

1. Kocok telur, gula, garam dan soda kue sampai mengembang.

2. Tambahkan minyak, air dan tepung sambil diaduk merata. Tambahkan sedikit essen pandan.

3. Kukus kira kira 30 menit

RESEP MARTABAK MANIS

bahan 1:

3/4 cup tepung terigu

1 sdm gula

1/4 sdt soda kue

1 sdt ragi

3/4 cup air

bahan 2:

1 butir telur

1 sdm gula

1. Capurkan bahan 1, diamkan selama 1-2 jam

2. Aduk bahan 2 dan campurkan ke bahan 1

3. Masak di wajan teflon dengan api kecil

4. Taburi gula secukupnya